E d i t o r i a l - B u l u t a n g k i s - I n d o n e s i a

Home » , , » World Junior Championships: Garuda Muda Raih Gelar Runner Up

World Junior Championships: Garuda Muda Raih Gelar Runner Up

Written By bulutangkis RI on Minggu, 27 Oktober 2013 | 5:16 PM

Tim Indonesia di podium runner up WJC 2013 (PBSI)

bulutangkisRI MEDIA - Tim Indonesia U-19 berhasil mengukir sejarah dengan masuk ke babak final nomor beregu World Junior Championships (Suhandinata Cup) untuk pertama kalinya setelah merobohkan tembok China dengan skor sengit 3-2 di semifinal. China juga merupakan unggulan pertama dan juara bertahan.

Korea yang berhasil mengalahkan Jepang 3-1 menjadi lawan Indonesia di babak Final. Partai ini adalah ulangan babak semifinal Asia Junior Championships di Malaysia pada bulan Juli lalu. Saat itu Indonesia dikalahkan Korea dengan skor 1-3.

Ganda campuran Kevin Sanjaya/Masita Mahmudin yang menjadi penentu Indonesia ke babak final kali ini menjadi partai pembuka dengan menghadapi lawan kuat Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung yang merupakan juara Asia Junior 2012. Selalu tertinggal di awal game, akhirnya Kevin/Masita menutupnya dengan kemenangan straight game 21-19 21-16, sekaligus sumbang poin pertama untuk keunggulan Indonesia 1-0 atas Korea.

Jonatan Christie tidak bisa mengeluarkan permainan terbaiknya dan banyak melakukan kesalahan selama di lapangan, gagal sumbang poin untuk sektor tunggal putra setelah tunduk atas juara German Junior, Jeon Hyuk Jin dengan dua game langsung 16-21 19-21. Dengan ini Korea berhasil mengimbangi kedudukan 1-1.

Di partai ketiga, Kevin Sanjaya kembali turun. kali ini berpasangan dengan Arya Maulana Aldiartama di ganda putra. Bermain cukup cepat dan rapi, Kevin dan Arya sukses bungkam Sol Kyu/Hee Heo 21-16 22-20. Indonesia kembali unggul tipis 2-1 atas Korea. Pertandingan dilanjutkan dengan nomor tunggal putri, Hanna Ramadhini yang diharapkan bisa menjadi partai kemenangan Indonesia ternyata belum cukup beruntung. Hanna harus menyerah straight game dari Kim Hyo Min yang rankingnya lebih diunggulkan, 15-21 18-21.

Partai penentu tiba kepada ganda putri, Rosyita Eka Putri dan Setyana Mapasa berhadapan dengan Ji Won/Jung Chae. Kalah start di awal game, dan kepercayaan diri pemain Korea yang semakin meningkat memaksa Rosyita/Setyana menyerah 18-21 11-21. Dengan ini Indonesia harus puas dengan posisi runner up, disusul China dan Jepang di posisi 3 dan 4.

Gagal di nomor beregu, masih ada nomor individu yang harus diperebutkan oleh junior Indonesia.

Hasil ini juga perlu diapresiasi, mengingat peningkatan yang cukup baik dari tahun ke tahun di turnamen Suhandinata Cup. Berikut hasil 2011 - 2013 untuk peringkat kejuaraan beregu World Junior Chmpionships (Suhandinata Cup):


Suhandinata Cup 2011: 
1.Malaysia 2.Korea 3.Taipei 4.Thailand 5.Jepang 6.India 7.INDONESIA 8.Belanda

Suhandinata Cup 2012:
1.China 2.Jepang 3.Korea 4.INDONESIA 5.Taipei 6.Malaysia 7.Thailand 8.Hongkong

Suhandinata Cup 2013: 
1.Korea 2.INDONESIA 3.China 4.Jepang 5.Malaysia 6.Thailand 7.Taipei 8.Vietnam

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. bulutangkis RI Media - All Rights Reserved
Tim @bulutangkisRI
Proudly powered by Blogger