E d i t o r i a l - B u l u t a n g k i s - I n d o n e s i a

Home » , , , » Indonesia Lengser dari Puncak Klasemen Axiata Cup

Indonesia Lengser dari Puncak Klasemen Axiata Cup

Written By bulutangkis RI on Senin, 25 Maret 2013 | 9:42 AM

Hasil imbang melawan All Star Asia membuat Indonesia digeser Thailand

Tim bulutangkis Indonesia harus tergusur dari puncak klasemen sementara babak penyisihan pertama Piala Axiata 2013 setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan "All Star" Asia di DBL Arena Surabaya, Minggu (24/3). Peringkat teratas kini ditempati Thailand yang mencukur Vietnam 4-0 dan berhasil mengumpulkan 13 poin, selisih 1 poin lebih banyak dibanding Indonesia.

Di hari terakhir itu, Asia All Star memberi kejutan ketika mampu menumbangkan dua nomor single andalan Indonesia. Aprilia Yuswandari yang digadang-gadang mampu melewati hadangan Yip Pui Yin nyatanya harus takluk dua set (14-21, 12-21).

Kesialan berlanjut ketika Simon Santoso yang kembali dimainkan setelah disimpan saat lawan Malaysia, harus menyerah dari aksi ngotot Lee Hyun Il dengan rubber set (19-21, 21-14, 17-21).

Beruntung masih ada ganda campuran peringkat delapan dunia Muhammad Rijal/Debby Susanto yang membuka asa. Melawan Tarun Kona/Ashwini Ponnapa, pertarungan ketat tiga set memuaskan ribuan suporter Indonesia. Rijal/Debby akhirnya mampu bangkit lagi setelah sempat kewalahan menghadapi pasangan dari India itu dengan skor 21-11, 19-21, 21-14.

Poin terakhir didapat ganda putra peringkat 13 dunia Angga Pratama-Ryan Saputro yang kembali dipasangkan setelah takluk sehari sebelumnya dari ganda putra Malaysia. Menghadapi pasangan gaek Bao Chun Lai/Zheng Bo, Angga/Ryan menang mudah 2-0 (21-12, 21-14).

Manajer Tim Indonesia Bambang Roedyanto mengatakan memang hasil ini di luar perkiraan sebelumnya. "Yah, mungkin puncak klasemen ditempati Thailand, ya. Ini juga memang di luar target kami yang mengincar kemenangan 3-1," kata Bambang usai pertandingan.

Menatap ke penyisihan selanjutnya pada tanggal 29 Maret melawan Thailand, All Star Eropa dan Filipina, Bambang mengatakan formasi pemain tim akan mengalami perubahan, karena persiapan pemain menuju Australia Terbuka dan Piala Sudirman, Mei 2013 di Malaysia.

"Ada Owi-Butet (Tontowi Yahya-Liliyana Natsir,-red) kemungkinan bisa main. Ada ganda putra Ahsan bisa main, tapi ada juga pemain yang sekarang main, minggu depan mulai persiapan ke Australia," ujarnya.

Bambang masih optimsitis Indonesia dapat mempertahankan gelar juara, melihat posisi Indonesia yang masih kuat dan belum memainkan formasi pemain utama.

"Sekarang kan di empat besar, tetap masuk ke semifinal," ujarnya. Karena itu, putaran kedua yang rencananya juga digelar di DBL Arena mulai 29-31 Maret, masih disikapi optimisme. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. bulutangkis RI Media - All Rights Reserved
Tim @bulutangkisRI
Proudly powered by Blogger