E d i t o r i a l - B u l u t a n g k i s - I n d o n e s i a

Home » , » Menpora Minta Piala Sudirman Dibawa Pulang

Menpora Minta Piala Sudirman Dibawa Pulang

Written By bulutangkis RI on Rabu, 15 Mei 2013 | 10:13 PM


SEMARANG, Solopos.com – Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, meminta para atlet bulu tangkisn Indonesia berusaha sebaik mungkin saat tampil pada Piala Sudirman di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia, 19-26 Mei mendatang. Roy berharap Piala Sudirman, yang selama ini dikuasai Korea Selatang dan China, bisa dibawa pulang.
“Kami berharap atlet-atlet terbaik kita mampu merebut kembali Sudirman Cup. Mohon doa restunya,” kata Menpora Roy Suryo di sela diskusi kepemudaan bertajuk Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Universitas Semarang, Rabu (15/5/2013).
Selama Piala Sudirman berlangsung, Indonesia hanya mampu memenanginya sekaliu. Saat itu Indonesia, yang tampil sebagai tuan rumah, mengalakan Korea Selatan 3-2, pada 24-29 Mei 1989.
Menurut dia, melihat persiapan atlet yang telah dilakukan, pihaknya optimistis hasil terbaik bisa diraih.
“Sudah saatnya kita bangkit kembali menjadi yang terbaik,” kata pria yang juga ahli telematika itu.
Untuk menghadapi Piala Sudirman, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah menyiapkan 19 pemain terbaik saat ini. Atlet yang diberangkatkan di antaranya Lindaweni Fanetri, Aprilia Yuswandari, Bellatrix Manuputty, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Angga Pratama, Rian Agung Saputro, Muhammad Ahsan, Hendra Setiawan, Greysia Polii, Lilyana Natsir, Tontowi Ahmad, Muhammad Rijal, Debby Susanto, Fran Kurniawan Teng.
Tim Piala Sudirman Indonesia yang sudah bertolak menuju Kuala Lumpur juga diperkuat tim pendukung yang terdiri atas dokter, psikolog, fisioterapis, nutrisionis, hingga ahli pijat serta empat pemain di luar tim inti.
Pertandingan dua tahunan yang tidak memperebutkan hadiah uang ini merupakan ajang untuk mengumpulkan poin peringkat IBF. Sepanjang sejarahnya hanya enam negara yang telah berhasil mencapai babak semifinal Piala Sudirman yakni Indonesia, Korea Selatan, Inggris, Malaysia, China, dan Denmark.
Sementara dari enam negara yang masuk semifinal, Korea Selatan dan China-lah yang paling banyak meraih kemenangan. Korea menang sebanyak tiga kali dan China mampu merebut gelar Piala Sudirman sebanyak delapan kali.
Adapun nomor yang akan dipertandingkan pada Piala Sudirman 2013 di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia adalah tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran.

Janji Tampil Maksimal
Sementara itu, Tim Piala Sudirman Indonesia berjanji bakal menunjukkan penampilan terbaiknya. “Saya siap tampil yang terbaik,” kata pemain tunggal putri Linda Wenifanetri sebelum terbang ke Kuala Lumpur, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu.
Pemain peringkat 15 dunia itu optimistis bisa mengambil poin dari Tim India meskipun di atas kertas peringkatnya masih dibawah tunggal terbaik India, Saina Nehwal. Kalau peluang lawan India, saya optimistis. Pelatih juga sudah menyiapkan strategi. Kalau hitungan ranking saya memang kalah tetapi kalau sudah di lapangan atmosfernya pasti beda,” tutur Linda.
Linda bersama 17 pemain lain dan tim ofisial bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia hari ini pukul 11.00 WIB dengan menggunakan maskapai penerbangan Malaysia Airlines. Untuk menunjang kondisi dan performa atlet yang akan bertanding, PBSI juga membawa tim pendukung yang terdiri atas dokter, psikolog, fisioterapis, nutrisionis, hingga ahli pijat. Selain itu, empat pemain diluar tim juga diboyong untuk menjadi mitra tanding atau sparing partner pemain selama persiapan sebelum pertandingan, antara lain Agripina Prima, Barry Angriawan, Shendy Puspa, dan Komala Dewi.
Pemain masih akan latihan ringan di sana. Maka disiapkan sparing partner juga,” jelas Kasubid Humas dan Sosial Media, Ricky Soebagdja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. bulutangkis RI Media - All Rights Reserved
Tim @bulutangkisRI
Proudly powered by Blogger