E d i t o r i a l - B u l u t a n g k i s - I n d o n e s i a

Home » , , , , » Indonesia Open Superseries Premier 2013 Turnamen Resmi Pertama di Dunia Bulutangkis Gunakan "Mata Elang"

Indonesia Open Superseries Premier 2013 Turnamen Resmi Pertama di Dunia Bulutangkis Gunakan "Mata Elang"

Written By bulutangkis RI on Kamis, 18 April 2013 | 7:55 PM



Line calls System Technology pada Bulutangkis, di Indonesia Open 2013 pertama kali menggunakannya

Indonesia Open Superseries Premier 2013 akan memiliki sistem instan review dalam penentuan keabsahan mendaratnya bola shuttecock pertama kali dalam sejarah bulutangkis.

Sesuai dengan vote dari BWF Council minggu lalu yang menyetujui dan menyepakati untuk memperkenalkan sebuah tantangan baru dan memutuskan Indonesia Open bulan Juni akan menjadi debut pertama menggunakan Badminton Sistem Line Calls (sistem otomatis ketika ada keraguan wasit garis apakah bola/shuttlecock menyentuh garis atau mendarat di luar garis/Mata Elang seperti di Tennis).

Deputi Presiden BWF dan Kepala Komite Turnamen, Paisan Rangsikitpho, menjelaskan ini semua demi kemajuan BWF World Tournament dan bulutangkis khususnya.

Sistem Line Calls akan diujicoba pada Sudirman Cup di Kuala Lumpur (tidak dipublish dan dipamerkan di TV hanya ujicoba) dan setelah itu adalah menguji secara langsung (dipublish di layar raksasa stadion indoor dan TV) pada Indonesia Open Superseries Premier 2013 di Jakarta.

Papan Review cepat pada bola tennis dalam menentukan bola OUT/IN
Seperti gambar dibawah ini Live di TV dan ditampilkan pada layar raksasa didalam staidon pada pertandingan tennis:
hawk-eye memudahkan dalam mereview cepat bola tenis pada posisi out/in
BWF menjelaskan ini masih tahap percobaan jadi kemungkinan besar masih belum bisa diterapkan di semua turnamen BWF. BWF menekankan dengan digunakannya sistem line calls agar lebih “adil” ketika bola dihadapkan pada masalah keraguan OUT/IN.

Kepala Komisi Atlet BWF, Emma Mason juga senang dan berharap dengan digunakannya system cepat dalam me-review bola OUT/IN sangat penting bagi pemain dan khususnya bagi kemajuan bulutangkis internasional.

Jadi intinya, Indonesia Open 2013 akan menjadi turnamen resmi pertama yang menggunakan sistem review cepat (System Line Calls) di dunia bulutangkis.

sumber: bwfbadminton.org

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Anonim
04/06/13 19.56

wuih keren

Anonim
12/06/13 11.37

mudah2an uji cobanya berhasil dan membantu wasit membuat keputusan yg lebih adil

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. bulutangkis RI Media - All Rights Reserved
Tim @bulutangkisRI
Proudly powered by Blogger